• Kampus Terakreditasi BAN-PT dan Berasrama
    Kampus Terakreditasi BAN-PT dan Berasrama
  • Wisudawan Universitas Dharmas Indonesia
    Wisudawan Universitas Dharmas Indonesia

Fakultas Ilmu Komputer UNDHARI membuka Prodi DIII Teknik Komputer

1452693203Program studi ini merupakan program studi baru yang mendapat ijin penyelenggarannya seiringan dengan keluarnya ijin penyelengaraan Universitas Dharmas Indonesia. Program Studi DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI memiliki 3 Konsentrari pada Desain Grafis, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan. Program Studi DIII Teknik Komputer sudah memiliki rancangan kurikulum didukung oleh ACM IEEE di computing curricula dan melalui APTIKOM. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi dan Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi. Program Studi DIII Teknik Komputer terletak pada level 5 KKNI. Untuk nomenklatur, Program Studi DIII Teknik Komputer memiliki kode Program Studi 526 05 06 dengan Internasional Term Computer Engineering dengan gelar A.Md. T.

Program Studi DIII Teknik Komputer sebagai Program akademik vokasi di mana dalam pelaksanaan akademik di tumbuhkan dan dibina melalui pemberian pengalaman dalam Komputer untuk meningkatkan pengetahuan yang merupakan penerapan secara terintegrasi kemampuan penalaran saintifik dan penalaran etik pada mahasiswa yang dididik. Oleh karena itu, Program Studi DIII Teknik KomputerFILKOM UNDHARI melalui pembelajaran akademik selalu berupaya mengharapkan bahwa lulusan Program Studi ini memilikikompetensi sehingga dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai tenaga ahli yang professional di bidang Teknik Komputer dengan keahlian spesifik pada komputer grafis dan multimedia.

 

Kompetensi lulusan DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI disusun dan dikembangkan berdasarkan profil lulusan. Kompetensi tersebut dikelompokkan ke dalam kompetensi utama, kompetensi pendukung dan kompetensi lainnya yang diuraikan sebagai berikut:

Kompetensi Utama :

  1. Kemampuan interpretasi analitis, logis, dan sistematis pada bidang teknik komputer.
  2. Pemecahan masalah konkrit dalam bidang teknik komputer.
  3. Penggunaan metode, alat bantu dan prosedur tepat guna pada bidang teknik komputer.
  4. Pengelolaan Teknik Komputer, Multimedia, Desain Grafis dan Jaringan Komputer.

Kompetensi Pendukung :

  1. Memiliki jiwa entrepreneurship.
  2. Memiliki dasar dalam memahami karya ilmiah bidang Teknik Komputer yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ilmiah untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. 

Kompetensi Lainnya :

  1. Beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME, berbudi pekerti luhur, memiliki etika dan moral, berkepribadian luhur dan mandiri, serta bertanggung jawab terhadap masyakarat dan bangsa.
  2. Memiliki pemahaman dalam isu-isu sosial & profesional seperti tanggung jawab dan etika profesional, hak atas kekayaan intelektual, dan juga isu ekonomis pada dunia komputer.

Dengan adanya prodi baru Program Studi DIII Teknik Komputer di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dharmas Indonesia memberikan kesempatan dan peluang besar kepada lulusan SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, dan Rekayasa Perangkat Lunak untuk melanjutkan pendidikan vokasi ke jenjang yang lebih tinggi. Jadi lulusan SMK tidak hanya siap kerja tetapi juga siap tumbuh dan berkembang dengan melanjutkan pendidikan vokasinya sesuai dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya.

LULUSAN SMK Jurusan Teknik Komputer Jaringan, Multimedia, dan Rekayasa Perangkat Lunak, Ayoooo Kuliah.... di DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI..