• Kampus Terakreditasi BAN-PT dan Berasrama
    Kampus Terakreditasi BAN-PT dan Berasrama
  • Wisudawan Universitas Dharmas Indonesia
    Wisudawan Universitas Dharmas Indonesia

Gerakan Memakmurkan Masjid di UNDHARI

Kategori: BeritaDitulis oleh Gunawan AliDilihat: 387

memakmurkanmasjidMasjid merupakan salah satu sarana yang penting untuk pembinaan umat islam yang sekaligus juga untuk mengagungkan nama Allah Swt. Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Sejalan dengan hal tersebut di atas, dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt dan menyemarakkan syiar islam di lingkungan kampus Universitas Dharmas Indonesia (UNDHARI) Pembina Yayasan Amanah Ampang Kuranji-UNDHARI ibu Dra. Hj. Elviana,M.Si menghimbau (melalui surat Himbauan Nomor 001/YAAK/U/I/2016) kepada Bapak, ibu, Dosen, staf UNDHARI dan guru/staf SD-SMA Islam Modern terhitung mulai tanggal 5 Januari 2016 sampai seterusnya untuk dapat “menghentikan seluruh kegiatan saat adzan Dzuhur dan Ashar berkumandang” dan segera melaksanakan sholat fardhu di awal waktu yang dilaksanakan secara berjamaah di masjid (Amanah) kampus UNDHARI, kemudian Rektor UNDHARI Dr. Hj. Rakimahwati,M.Pd melalui Wakil Rektor Amar Salahuddin, M.Pd mengatakan untuk mendukung penuh dan melaksanakan kebijakan dan himbauan yayasan dalam rangka Gerakan Memakmurkan Masjid tersebut, Pimpinan Universitas sudah menyampaikan kepada seluruh Dekan dan Ketua Program Studi di Lingkungan UNDHARI agar menata jadwal kuliah sehingga pada waktu shalat tidak ada perkuliahan. Kegiatan Memakmurkan Masjid ini juga merupakan salah satu program dalam mewujudkan lulusan yang berkarakter akhlak mulia sesuai dengan Visi dari UNDHARI “Pada tahun 2020 Menjadi Perguruan tinggi yang kompeten, terkemuka, dan unggul dalam meyelenggarakan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan produk ilmiah, lulusan yang memenuhi standar kompetensi lulusan, terampil, cerdas, berkarakter akhlak mulia serta menjadi pusat pendidikan, riset, dan pengabdian kepada masyarakat pada tingkat regional”. (AS)

Fakultas Ilmu Komputer UNDHARI Siap Meluluskan Tenaga IT yang Profesional

Kategori: BeritaDitulis oleh Gunawan AliDilihat: 411

1452692725Ledakan perkembangan Teknologi Informasi saat ini membuat kebutuhan tenaga kerja di dunia IT semakin meningkat. Di Indonesia, terdapat 300.000 lulusan sarjana TI per tahun dari 250 program studi di seluruh perguruan tinggi yang ternyata masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja TI dikarenakan 75% dari lulusan tidak berikprah di dunia IT secara langsung. Pemanfaatan komputer dan teknologi informasi tidak lepas dari peranan perangkat keras dan jaringan komputer. Pada tahun 2018 diperkirakan 84% dari total populasi didunia akan menggunakan teknologi mobile phone/gadget dan pengguna Internet akan meningkat menjadi 3.6 Milyar. Pada skala nasional kehadiran program studi yang ada di FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI diharapkan dapat berpartisi aktif untuk mendukung Buku Putih Indonesia 2005-2025 yang memiliki tema Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bidang Ketahanan Pangan, dimana kebijakan penelitian, pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Tahun 2005-2025 terdiri dari 6 bidang: (i) Ketahanan Pangan, (ii) Penciptaan dan Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan, (iii) Pengembangan Teknologi dan Manajemen Transportasi, (iv) Teknologi Informasi dan Komunikasi, (v) Pengembangan Teknologi Pertahanan dan Keamanan, dan (vi) Pengembangan Teknologi Kesehatan dan Obat. Hal ini menunjukkan pentingnya peranan TI dalam kehidupan. Saat ini diperlukan wadah bidang kajian riset khusus bidang TIK untuk fokus dalam mendukung peran tersebut dan akan lebih terdorong dengan lengkapnya program studi pada rumpun keilmuan komputer pada FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI.

FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNDHARI memiliki 3 Program Studi yaitu:

1. S1 Teknik Informatika
2. S1 Sistem Informasi
3. DIII Teknik Komputer Grafis

 

Program Studi S1 Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi FILKOM UNDHARI menerapkan kurikulum berbasis KKNI, Dosen Berkualifikasi Pendidikan S2 dan S3 dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa. Program Studi Sistem Informasi FILKOM UNDHARI siap meluluskan tenaga profesional di bidang Sistem Informasi yang terampil, handal, dan berkarakter akhlak mulia.

 

Program Studi S1 Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika FILKOM UNDHARI menawarkan perpaduan pengetahuan teknis, teori dan pengalaman praktis tentang perangkat keras dan lunak, Web Programming, Rekayasa Perangkat Lunak dan Jaringan Komputer. Program Studi Teknik Informatika FILKOM UNDHARI menerapkan kurikulum berbasis KKNI, Tenaga Pendidik Berkualifikasi Pendidikan S2 di Bidang Ilmu Komputer dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa.

 

Program Studi DIII Teknik Komputer

Program studi ini merupakan program studi baru dibuka seiringan dengan keluarnya ijin penyelengaraan Universitas Dharmas Indonesia. Program Studi DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI memiliki 3 Konsentrari pada Desain Grafis, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan. Tenaga Pendidik Berkualifikasi Pendidikan S2 di Bidang Ilmu Komputer dan telah bersertifikat sebagai Dosen, dilengkapi dengan Laboratoium Komputer yang memadai (Laboratorium Multimedia, Laboratorium Jaringan Komputer, Laboratorium Komputer Dasar, Laboratorium Pratikum Hardware Software, Laboratorium Programming), dilengkapi juga dengan adanya Mesjid, Kantin, Klinik Pratama, ATM, GOR, Auditorium, Studio Band, Fitnes Center, Asrama Mahasiswa, Ruang Seminar Mahasiswa dan Ruang Kuliah yang nyaman serta memberikan layanan Free Hotspot Area, Tahfidz Al Qur’an, English Day dan Bimbingan Konseling bagi mahasiswa.

Fakultas Ilmu Komputer UNDHARI membuka Prodi DIII Teknik Komputer

Kategori: BeritaDitulis oleh Gunawan AliDilihat: 407

1452693203Program studi ini merupakan program studi baru yang mendapat ijin penyelenggarannya seiringan dengan keluarnya ijin penyelengaraan Universitas Dharmas Indonesia. Program Studi DIII Teknik Komputer FILKOM UNDHARI memiliki 3 Konsentrari pada Desain Grafis, Multimedia dan Teknik Komputer Jaringan. Program Studi DIII Teknik Komputer sudah memiliki rancangan kurikulum didukung oleh ACM IEEE di computing curricula dan melalui APTIKOM. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 154 Tahun 2014 tentang Rumpun Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta Gelar Lulusan Perguruan Tinggi dan Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan KKNI bidang Pendidikan Tinggi. Program Studi DIII Teknik Komputer terletak pada level 5 KKNI. Untuk nomenklatur, Program Studi DIII Teknik Komputer memiliki kode Program Studi 526 05 06 dengan Internasional Term Computer Engineering dengan gelar A.Md. T.

Program Studi DIII Teknik Komputer sebagai Program akademik vokasi di mana dalam pelaksanaan akademik di tumbuhkan dan dibina melalui pemberian pengalaman dalam Komputer untuk meningkatkan pengetahuan yang merupakan penerapan secara terintegrasi kemampuan penalaran saintifik dan penalaran etik pada mahasiswa yang dididik. Oleh karena itu, Program Studi DIII Teknik KomputerFILKOM UNDHARI melalui pembelajaran akademik selalu berupaya mengharapkan bahwa lulusan Program Studi ini memilikikompetensi sehingga dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai tenaga ahli yang professional di bidang Teknik Komputer dengan keahlian spesifik pada komputer grafis dan multimedia.

Selengkapnya: Fakultas Ilmu Komputer UNDHARI membuka Prodi DIII Teknik Komputer